Physical Distribution Channel (Saluran Distribusi Fisik)
i putu yoga wiranata (224415126)
saluran distribusi fisik adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan metode dan sarana yangproduk atau kelompok produk secara fisik ditransfer, atau didistribusikan, dari sudut pandang mereka produksi ke titik di mana mereka dibuat tersedia untuk konsumen akhir. Secara umum, titik akhir ini adalah outlet ritel, toko atau pabrik, tetapi juga mungkin rumah pelanggan, karena beberapa saluran melewati toko dan pergi langsung ke konsumen.
Physical distribution channel types and structures
Ada beberapa saluran fisik alternatif distribusi yang dapat digunakan, dan kombinasi ini dapat dimasukkan dalam struktur saluran saluran alternatif utama untuk produk konsumen tunggal yang ditransfer dari produsen point produksi untuk toko ritel.
-Manufacturer direct to retail store.- Produsen atau pemasok memberikan langsung dari titikproduksi ke toko ritel, menggunakan kendaraan sendiri. Sebagai aturan umum, ini channel hanya digunakan ketika beban kendaraan penuh sedang disampaikan, sehingga sangat tidak biasa dilingkungan logistik saat ini.
- Manufacturer via retailer distribution centre to retail store. Saluran ini terdiri dari produsenbaik memasok produk mereka ke pusat-pusat distribusi nasional (NDCs) atau RDC untuk finalpengiriman ke toko, atau memasok mereka ke Pusat Konsolidasi, di mana barang-barang dariberbagai produsen dan pemasok dikonsolidasikan dan kemudian diangkut ke salah satu NDC atauRDC untuk pengiriman akhir
Channel alternatives: direct deliveries
Saluran distribusi utama alternatif fisik dijelaskan sebelumnya merujuk kepada konsumen merekaproduk mana gerakan ini dari produsen ke toko ritel. Ada saluran tambahan untuk produk industridan untuk pengiriman beberapa produk konsumen yang tidak muat dalam struktur diagram karena mereka melewati toko ritel.
Channel selection
- Chanel Objective :
Chanel Objective tentu akan berbeda dari satu perusahaan ke perusahaan lain, namun ada kemungkinan untuk menentukan sejumlah titik umum yang mungkin relevan. Ini biasanya harusdipertimbangkan oleh perusahaan dalam rangka proses perencanaan distribusi untuk memastikanbahwa struktur saluran yang paling tepat dikembangkan. Poin utama yang perlu ditangani adalah sebagai berikut:
Chanel Objective tentu akan berbeda dari satu perusahaan ke perusahaan lain, namun ada kemungkinan untuk menentukan sejumlah titik umum yang mungkin relevan. Ini biasanya harusdipertimbangkan oleh perusahaan dalam rangka proses perencanaan distribusi untuk memastikanbahwa struktur saluran yang paling tepat dikembangkan. Poin utama yang perlu ditangani adalah sebagai berikut:
- Untuk membuat produk tersedia bagi konsumen pasar di mana ia ditujukan.
- Untuk meningkatkan prospek penjualan yang dibuat.
- Untuk mencapai suatu tingkat pelayanan.
- Untuk meminimalkan logistik dan biaya total.
- Untuk menerima umpan balik yang cepat dan akurat informasi.
- Chanel Characteristic
Dalam kaitannya dengan jenis tujuan yang digariskan dalam bagian sebelumnya, ada sejumlahkarakteristik saluran yang terkait penting yang juga perlu dipertimbangkan. Faktor-faktor inicenderung mempengaruhi keputusan yang harus dibuat ketika merancang saluran yang akan digunakan dalam sistem distribusi. Mereka dapat diringkas sebagai berikut:
- Market Characteristic
Pertimbangan penting di sini adalah dengan menggunakan saluran yang paling tepat untukmendapatkan produk ke pengguna akhir akhirnya. Ukuran, penyebaran dan kepadatan pasarpenting. Jika pasar adalah salah satu yang sangat besar yang banyak menyebar dari titik geografispandang, maka biasanya menggunakan saluran 'panjang'. Sebuah saluran panjang adalah salah satudi mana ada beberapa poin penyimpanan erent diff dan sejumlah gerakan erent diff untuk produkseperti yang ditransfer dari titik produksi ke pelanggan fi nal. Di mana pasar hanya memiliki sangat sedikit pembeli di wilayah geografis yang terbatas, maka 'pendek' saluran yang digunakan
- Product Characteristik
Pentingnya produk itu sendiri saat menentukan pilihan channel tidak bisa diremehkan. Hal ini karena produk mungkin menyebabkan hambatan pada jumlah saluran yang dapat dipertimbangkan.
- Competitive characteristics
karakteristik kompetitif yang perlu dipertimbangkan keprihatinan kegiatan setiap pesaing menjualproduk serupa. keputusan saluran awal yang baik untuk menjual produk bersama produk-produksejenis, atau apakah akan mencoba untuk berbeda, outlet eksklusif untuk produk untukmenghindari persaingan dan risiko substitusi. Mungkin saja bahwa preferensi konsumen untukberbagai pilihan memerlukan outlet yang sama yang disediakan. contoh yang baik termasuk guladan sebagian barang kelontong.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar