Competitive advantage and sustained competitive advantage
i putu yoga wiranata (224415126)
Sumber : michael
porter “competitive advantage”.pdf
COMPETITIVE
ADVANTAGE (KEUNGGULAN BERSAING)
Keunggulan bersaing di terbitkan
pada tahun 1985 sebagai pendamping penting untuk strategi bersaing
Menurut michael porter :
-
Competitive advantage
adalah tentang bagaimana suatu perusahaan benar benar menempatkan strategi
generik pada praktiknya
Competitive Advantage menurut Jay barney :
Perusahaan dikatakan memiliki competitive advantage ketika menerapkan strategi penciptaan nilai tidak secara bersamaan dilaksanakan oleh pesaing saat ini atau potensial
Perusahaan dikatakan memiliki competitive advantage ketika menerapkan strategi penciptaan nilai tidak secara bersamaan dilaksanakan oleh pesaing saat ini atau potensial
Sustained Competitive Advantage adalah ketika menerapkan strategi penciptaan nilai tidak secara bersamaan dilaksanakan oleh pesaing saat ini atau potensial dan ketika perusahaan-perusahaan lainnya tidak dapat menduplikasi manfaat dari strategi ini.
TIGA STRATEGI GENERIK
Dua tipe dasar keunggulan kompetitif dikombinasikan dengan ruang lingkup kegiatan dimana perusahaan berusaha untuk mencapai keinginan mereka. Tiga Strategi Generik berfungsi untuk mencapai kinerja rata-rata dalam suatu industri. Tiga Strategi Generik tersebut diantaranya : biaya kepemimpinan (cost leadership), differentiation, dan focus. Strategi focus ada 2 varian yaitu cost focus dan diferensiasi fokus.
Dua tipe dasar keunggulan kompetitif dikombinasikan dengan ruang lingkup kegiatan dimana perusahaan berusaha untuk mencapai keinginan mereka. Tiga Strategi Generik berfungsi untuk mencapai kinerja rata-rata dalam suatu industri. Tiga Strategi Generik tersebut diantaranya : biaya kepemimpinan (cost leadership), differentiation, dan focus. Strategi focus ada 2 varian yaitu cost focus dan diferensiasi fokus.
What is Cost advantage?
keunggulan biaya adalah salah satu dari dua jenis keunggulan
kompetitif yang dapat dimiliki suatu perusahaan. biaya strategi diferensiasi
juga sangat penting karena diferensiasi harus menjaga biaya dekat dengan
pesaing.
how to create them ?
keunggulan biaya ini dapat dimanfaatkan dalam bentuk harga
yang lebih rendah kepada konsumen untuk mendapatkan pangsa pasar, untuk
menangkal serangan kompetitif, atau dalam bentuk margin yang lebih tinggi.
sebuah perusahaan
yang dapat menciptakan keunggulan biaya yang berarti menjadi pesaing yang
sangat kuat
rantai nilai dan analisis biaya dapat di jadikan cara untuk
menentukan keunggulan biaya
Strategi Diferensiasi
Strategi
diferensiasi, yaitu suatu strategi yang diambil oleh perusahaan untuk meningkatkan
keunggulan kompetitifnya dengan cara menciptakan produk yang berbeda dari
produk-produk pesaing.
Langkah
yang Diperlukan Menentukan Dasar untuk Diferensiasi dan Memilih Strategi
Diferensiasi:
1.
Menentukan siapa pembeli nyata
2.
Identifikasi rantai nilai pembeli dan dampak pada perusahaan
3.
Menentukan peringkat kriteria pembelian pembeli
4.
Menilai potensi keunikan di perusahaan
5.
Identifikasi biaya potensi diferensiasi
6.
Memilih nilai kegiatan yang paling berharga
7.
Menguji strategi diferensiasi yang dipilih
8.
Mengurangi biaya yang tidak efektif
Strategi fokus
pada pasar, yaitu suatu strategi yang diambil oleh perusahaan untuk meningkatkan keunggulan kompetitifnya dengan menerapkan salah satu atau kedua strategi sebelumnya (strategi keunggulan biaya dan atau diferensiasi produk) pada pasar yang lebih kecil atau spesifik.
Langkah-langkah yang ada di strategi fokus :
-Adanya besaran pasar yang cukup
-Adanya potensi pertumbuhan yang baik
-Tidak terlalu diperhatikan oleh pesaing
Steategi ini akan menjadi lebih efektif jika konsumen membutuhkan suatu pesaing. Biasanya perusahaan yang bergerak dengan strategi ini lebih berkonsentrasi pada suatu kelompok pasar tertentu, wilayah geografis tertentu, atau produk-barang atau jasa tertentu.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar