Kamis, 08 Desember 2016

#071216 TM4 Competitive Advantage

Competitive advantage and sustained competitive advantage

i putu yoga wiranata (224415126) 

Sumber  : michael porter “competitive advantage”.pdf



                                       COMPETITIVE ADVANTAGE (KEUNGGULAN BERSAING)

Keunggulan bersaing di terbitkan pada tahun 1985 sebagai pendamping penting untuk strategi bersaing

Menurut michael porter :


-          Competitive advantage adalah tentang bagaimana suatu perusahaan benar benar menempatkan strategi generik pada praktiknya

Competitive Advantage menurut Jay barney :
Perusahaan dikatakan memiliki competitive advantage ketika menerapkan strategi penciptaan nilai tidak secara bersamaan dilaksanakan oleh pesaing saat ini atau potensial

                             Sustained Competitive Advantage adalah ketika menerapkan strategi penciptaan nilai tidak secara bersamaan dilaksanakan oleh pesaing saat ini atau potensial dan ketika perusahaan-perusahaan lainnya tidak dapat menduplikasi manfaat dari strategi ini.

TIGA STRATEGI GENERIK 
Dua tipe dasar keunggulan kompetitif dikombinasikan dengan ruang lingkup kegiatan dimana perusahaan berusaha untuk mencapai keinginan mereka. Tiga Strategi Generik berfungsi untuk mencapai kinerja rata-rata dalam suatu industri. Tiga Strategi Generik tersebut diantaranya : biaya kepemimpinan (cost leadership), differentiation, dan focus. Strategi focus ada 2 varian yaitu cost focus dan diferensiasi fokus.

What is Cost advantage?

keunggulan biaya adalah salah satu dari dua jenis keunggulan kompetitif yang dapat dimiliki suatu perusahaan. biaya strategi diferensiasi juga sangat penting karena diferensiasi harus menjaga biaya dekat dengan pesaing.

how to create them ?
keunggulan biaya ini dapat dimanfaatkan dalam bentuk harga yang lebih rendah kepada konsumen untuk mendapatkan pangsa pasar, untuk menangkal serangan kompetitif, atau dalam bentuk margin yang lebih tinggi.

 sebuah perusahaan yang dapat menciptakan keunggulan biaya yang berarti menjadi pesaing yang sangat kuat
rantai nilai dan analisis biaya dapat di jadikan cara untuk menentukan keunggulan biaya

Strategi Diferensiasi 

Strategi diferensiasi, yaitu suatu strategi yang diambil oleh perusahaan untuk meningkatkan keunggulan kompetitifnya dengan cara menciptakan produk yang berbeda dari produk-produk pesaing.

Langkah yang Diperlukan Menentukan Dasar untuk Diferensiasi dan Memilih Strategi Diferensiasi:

1.            Menentukan siapa pembeli nyata
2.            Identifikasi rantai nilai pembeli dan dampak pada perusahaan
3.            Menentukan peringkat kriteria pembelian pembeli
4.            Menilai potensi keunikan di perusahaan
5.            Identifikasi biaya potensi diferensiasi
6.            Memilih nilai kegiatan yang paling berharga
7.            Menguji strategi diferensiasi yang dipilih
8.            Mengurangi biaya yang tidak efektif  

Strategi fokus 

pada pasar, yaitu suatu strategi yang diambil oleh perusahaan untuk meningkatkan keunggulan kompetitifnya dengan menerapkan salah satu atau kedua strategi sebelumnya (strategi keunggulan biaya dan atau diferensiasi produk) pada pasar yang lebih kecil atau spesifik.

Langkah-langkah yang ada di strategi fokus :
-Adanya besaran pasar yang cukup
-Adanya potensi pertumbuhan yang baik
-Tidak terlalu diperhatikan oleh pesaing

Steategi ini akan menjadi lebih efektif jika konsumen membutuhkan suatu pesaing. Biasanya perusahaan yang bergerak dengan strategi ini lebih berkonsentrasi pada suatu kelompok pasar tertentu, wilayah geografis tertentu, atau produk-barang atau jasa tertentu.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar