Kamis, 24 November 2016

MANAJEMEN DISTRIBUSI #23112016
MATERI : VALUE CHAIN
SUMBER BACAAN : COMPETITIVE ADVANTAGE : CREATING AND SUSTAINING SUPERIOR  PERFORMANCE    ----    MICHAEL E. PORTER (1998)
EDITED BY : I Putu Yoga Wiranata


Value Chain
menampilkan  total nilai dan terdiri dari kegiatan nilai dan marjin. Setiap aktivitas value mempekerjakan , pembelian input, SDM, dan teknologi untuk melaksanakan fungsinya



Value Activity
Membutuhkaan isolasi aktivitas dar strategi dan teknologi yang berbeda.
*      Aktivitas Primer :
-          Inbound logistics : aktivitas yang berhubungan dengan penanganan material .
-          Operation  :  aktivitas yang berhubungan dengan pengolahan input menjadi output.
-          Outbond logistic : aktivitas untuk menyampaikan produk ke tangan konsumen.
-          Marketing and sales :  aktivitas pengarahan konsumen agar tertarik membeli produk
-          Service : aktivitas mempertahankan/meningkatkan nilai produk.
*      Supported aktivitas:
-          Procurement :berkaitan dengan proses perolehan input.
-          Teknological development: pengembangan peralatan,software,hardware,prosedur dalam transformasi produk.-
-          Human resource management  :pengaturan SDM
-          Infrastruktur : terdiri dari departemen yang melayani kebutuhan organisasi dan mengikat bagiannya menjadi kesatuan.
Tipe aktivitas : Direct, Indirect, Quality Assurance.


Value Chain dan Analisis Biaya
Point pertama dalam  analisis biaya adalah mendifinisikan value chain perusahaan .
Menetapkan Biaya dan Aset
Setelah mengidentifikasi rantai nilai, perusahaan harus menetapkan biaya operasi dan aset untuk kegiatan nilai. Aset harus ditugaskan untuk kegiatan yang mempekerjakan, kontrol, atau paling mempengaruhi penggunaannya.


STRATEGI DIFERENSIASI
Diferensiasi dapat didasarkan pada atribut produk, sistem pengiriman produk, ancangan pemasaran, dan beberapa aspek lainnya. Perusahaan yang dapat mencapai dan melestarikan diferensiasinya akan menjadi perusahaan dengan kinerja diatas rata rata untuk memperoleh keunikan.

Rantai Nilai & Teknologi
Setiap aktivitas nilai menciptakan dan menggunakan informasi ini terbukti, yang menunjukan formasi sistem teknologi dalam setiap kategori.
Hubungan dalam Value Chain
Penyebab dari hubungan tersebut:

  • Fungsi yang sam dilakukan dengan cara berbeda.
  • Biaya atau kinerja direct activities diperbaiki dengan usaha yang lebih.
  • Aktivitas yang dilakukan di perusahaan mengurangi kebutuhan memperagakan, menjelaskan, atau melayani produk lapangan.
  • Fungsi quality assurance  dilakukan dengan cara berbeda

Tidak ada komentar:

Posting Komentar